Hallo buat pecinta Cosplay ..kali ini saya akan sedikit membahas mengenai cosplay.
Apa itu Cosplay ?
Bagi kaum awam,mungkin agak asing untuk mendengar kata “Cosplay” ,tetapi tidak sedikit juga ada orang yang tahu apa itu cosplay,Cosplay sendiri memiliki istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain) yang menirukan atau memperagakan karakter yang mirip dengan Film Movie ataupun dalam anime.
Di kehidupan sehari-hari, Cosplay merupakan hal yang termasuk jarang dan susah untuk ditemukan,biasanya orang akan menemukan cosplay di Mall ataupun Event Anime, bahkan terkadang eventnya juga ada di sekolah ,itupun hanya dilakukan pada hari tertentu saja .


Cosplay dilakukan dengan merias seluruh bagian tubuh dengan Make-up untuk menirukan suatu karakter/tokoh semirip-mirip mungkin,semakin mirip dengan karakter yang di Cosplay kan,semakin bagus juga Cosplay tersebut

Sejarah Cosplay

Pada mulanya budaya ini dilakukan oleh orang-orang barat yang memakai kostum (disebut Pesta Topeng) dihari-hari perayaan besar seperti Hari Paskah dan Hallowen. Kemudian tradisi ini sampai ke Jepang pada tahun 1970-an dalam acara peragaan kostum (costume show). Di Jepang, peragaan "cosplay" pertama kali dilangsungkan tahun 1978 di Ashinoko, Prefektur Kanagawa dalam pesta topeng Nihon SF Taikai ke-17.

Kritikus fiksi ilmiah Mari Kotani menghadiri konvensi dengan mengenakan kostum seperti tokoh dalam gambar sampul cerita“A Fighting Man of Mars” karya “Edgar Rice Burroughs”. Pada waktu itu, peserta konvensi menyangka Mari Kotani mengenakan kostum tokoh manga “Triton off the Sea” karya “Osamu Tezuka”. Sehingga media massa sering menulis kostum Triton of the Sea sebagai kostum cosplay pertama yang dikenakan di Jepang.
Selanjutnya, kontes cosplay dijadikan acara tetap sejak Nihon SF Taikai ke-19 tahun 1980. Acara cosplay menjadi semakin sering diadakan dalam acara pameran Doujinshi  dan pertemuan antar penggemar fiksi ilmiah di Jepang.
Dalam majalah Fanroad  edisi perdana bulan Agustus 1980, memuat berita khusus tentang “Tominoko-zoku” yaitu sekelompok anak muda yang ber-cosplay Gundam di kawasan Harajuku. Sebutan itu sendiri diambil dari nama pencipta Gundam, Yoshiyuki Tomino. Walaupun sebenarnya artikel tersebut hanya dimaksudkan untuk mencari sensasi, artikel tersebut berhasil menjadikan "cosplay" sebagai istilah umum di kalangan penggemar anime.
Kegiatan cosplay dikabarkan mulai menjadi kegiatan berkelompok sejak tahun 1986. Sejak itu pula mulai bermunculan fotografer amatir yang senang memotret kegiatan cosplay.

Salah satu komunitas cosplay di Bandung
Buat kalian yang suka akan cosplay pasti ada yang tau dong salah satu komunitas cosplay di Bandung “Cosplay Bandung “, Untuk kegiatannya, komunitas ini sudah berjalan cukup lama, mulai dari Gathering yang diadakan tiap tahun. Dan juga acara tahunan cosplay bandung yaitu , ulang Tahun Cosplay Bandung. Sedangkan jumlah anggota komunitas cosplay Bandung sendiri sudah melebihi dari 2000 anggota.

Keanggotaan komunitas ini tidak memiliki syarat khusus, cukup hanya menjadi penggemar cosplay saja. Siapa saja bisa bergabung dalam komunitas ini. Namun, pada umumnya penggemar cosplay adalah para remaja hingga dewasa yang berusia 16-30 tahun. Mereka memiliki kesamaan hobi mengoleksi dan mengumpulkan referensi perkembangan terbaru tentang anime dan game-game online dari internet. Salah satu contohnya adalah grup yang didirikan oleh Rangga Kanchiel, mereka memulai debut pada tahun 2008 autiez wars hingga saat ini sanctuary entertaiment art, dan mulai banyak mengikuti lomba di Bandung, banyak menjuarai perlombaan yang diikuti, seperti hellofast untuk kelas nasional dan juara clash di tahun 2016. 





Komentar

Postingan Populer